ekonomi syariah

_ _ _Mari Kita Tingkatkan Kesejahteraan Negeri Dengan Metode Islami _ _ _

Investasi Syariah


Kalau bicara tentang investasi syariah kita pasti akan memikirkan tentang emas dan perak. Memang benar salah satu cara paling umum adalah dengan emas dan perak. Setiap tahun harga kedua logam ini merangkak naik. Tidak pernah anjlok. Sangat kuat diterpa nilai uang yang naik dan turun. Berharga di negara dan suku manapun. Jadi saya sangat menganjurkan untuk berinvestasi pada kedua logam ini.

“apakah ada selain kedua logam ini?”

Tentu saja ada, bahkan banyak investasi yang bisa kita pilih dan halal. Tetapi kali ini saya akan membahas investasi yang pasti mudah dimengerti semua pihak. Terutama warga kelas menegah ke bawah. Investasi dengan menggunakan tanah atau lahan.


“berarti ini identik dengan petani?”

Bisa dikatakan begitu. Tetapi sebelumnya saya minta maaf kalau sebagian kalangan menganggap petani sebagai pekerjaan kelas rendah. Padahal kalau kita lihat investasi pada lahan adalah suatu yang sangat menguntungkan. Coba lihat harga tanah yang terus merangkak naik. Apalagi apabila akses masuk pada lahan tersebut dekat dengan sarana publik. Bisa saja harganya naik sampai dua kali lipat. Dan lagi tidak mungkin akan di biarkan kosong oleh pemiliknya. Bisa saja kita gunakan untuk lahan pertanian atau perkebunan, tempat usaha, perumahan, bahkan bisa kita sewakan.

Kita ambil contoh lahan kita digunakan utuk pertanian. Kita bayangkan kita mempunyai sepetak tanah. Lahan tersebut ditanami tebu. Dalam dua tahun kita dapat panen sebanyak tiga kali. Angap saja selama dua tahun keuntungan kita enam juta rupiah. Dengan separuh uang tersebut kita dapat menyewa tanah selama  dua tahun. Jadi kita memiliki dua petak tanah yang bisa kita garap plus sisa uang tiga juta rupiah. Dua tahun kemudian kita mendapat keuntungan dua kali lipat. Dan pastinya kita akan menambah jumlah petak tanah kita. Coba bayangkan jumlah keuntungan duabelas tahun kemudian. Dan lagi nilai tanah yang terus meningkat.

Coba pikirkan kalau dipakai bisnis properti, sebagai tempat usaha, bahkan kalau anda memiliki banyak tanah yang sudah hak milik anda dan anda sewakan. Berapa keuntungan yang dapat anda dapatkan disamping gaji yang anda terima perbulan.

Pembaca yang memiliki ide untuk investasi syariah atau menambahkan tulisan saya silahkan tulis pada kotak komentar. 

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © T - r - o - p - i - s - k - a